Perang Baratayuda Hari ke - 3


 
baratayuda hari ke 3

PERANG HARI KE 3: 

KOMANDAN TERTINGGI : Kurawa (Bhisma) ; Pandawa (Drestadyumna) 
PEMIMPIN PASUKAN : Kurawa (depan=Bhisma, belakang=Duryudana) Pandawa (kiri=Bima, kanan=Drestadyumna) 
FORMASI PERANG : Kurawa (Garuda Wyuha) ; Pandawa (Candra wyuha) 

JALANNYA PERANG : 

Pada perang di hari ketiga, Bisma memberi instruksi agar pasukan Korawa membentuk formasi burung elang dengan dirinya sendiri sebagai panglima berada di garis depan sementara tentara Duryodana melindungi barisan belakang. 

Bisma ingin agar tidak terjadi kegagalan lagi. Sementara itu para Pandawa mengantisipasinya dengan membentuk formasi bulan sabit dengan Bima dan Arjuna sebagai pemimpin sayap kanan dan kiri. Pasukan Korawa menitik beratkan penyerangannya kepada Arjuna. 

Kemudian kereta Arjuna diserbu oleh berbagai panah dan tombak. Dengan kemahirannya yang hebat, Arjuna membentengi keretanya dengan arus panah yang tak terhitung jumlahnya. Abimanyu dan Satyaki menggabungkan kekuatan untuk menghancurkan tentara Gandara milik Sangkuni. 

Bima dan putranya, Gatotkaca, menyerang Duryodana yang berada di barisan belakang. Panah Bima melesat menuju Duryodana yang menukik di atas keretanya. Kusir keretanya segera membawanya menjauhi pertempuran. Tentara Duryodana melihat pemimpinnya menjauhi pertarungan. 

Bisma melihat hal tersebut lalu menyuruh agar pasukan bersiap siaga dan membentuk kembali formasi, kemudian Duryodana datang kembali dan memimpin tentaranya. Duryodana marah kepada Bisma karena masih segan untuk menyerang para Pandawa. Bisma kemudian sadar dan mengubah perasaannnya kepada para Pandawa. 

Arjuna dan Kresna mencoba menyerang Bisma. Arjuna dan Bisma sekali lagi terlibat dalam pertarungan yang bengis, meskipun Arjuna masih merasa tidak tega dan segan untuk melawan kakeknya. 

Arjuna bisma


Krisna menjadi sangat marah dengan keadaan itu dan berkata, "Aku sudah tak bisa bersabar lagi, Aku akan membunuh Bisma dengan tanganku sendiri," lalu ia mengambil sejata cakranya dan berlari ke arah Bisma.

- 40 saudara Karawa  (Kalah) VS Arjuna (Menang) 
- Pasukan dwaraka (Menang) VS Drestadyumna (Kalah)
- Pasukan dwaraka (Kalah) VS Setyaki, Srikandi (Menang) 
- Sangkuni (Menang) VS Setyaki (Kalah) 
- Sangkuni, Pasukan Gandara (Kalah) VS Setyaki & Abimanyu (Menang) 
- Resi Drona, Bhisma VS three Pandava brothers (Yudistira, Nakula, Sadewa) (Imbang)
- Duryudana, pasukan hastinapura (Kalah) VS Bima, Gatotkaca (Menang) 
- Bhisma VS Arjuna (Imbang) 
- (Kresna marah mengeluarkan Cakra untuk membunuh Bhisma dan di cegah Arjuna) 
- Bhisma VS Arjuna (continue to exist) 

HASIL PERANG : Kurawa (Kalah) ; Pandawa (Menang).

1 Comments

Previous Post Next Post

Contact Form