Perang Baratayuda Hari Ke - 6 Enam



baratayuda ke 6

 
PERANG HARI KE 6: 

KOMANDAN TERTINGGI : Kurawa (Bhisma) ; Pandawa (Drestadyumna) 
PEMIMPIN PASUKAN : Kurawa (Bhisma & Duryudana) ; Pandawa (Bima & Arjuna) 
FORMASI PERANG : Kurawa (KraunchaWyuha) ; Pandawa (MakaraWyuha) 

JALANNYA PERANG : 

Pada perang di hari yang ke enam ini Pangeran Yudistira menyuruh Drestadyumna agar para pasukan membentuk formasi Makara, dengan Drupada dan Arjuna sebagai pemimpin garis depan. Untuk menandingi kekuatan Yudistira, Bisma menginstruksikan agar pasukan Korawa membentuk formasi burung bangau, dengan Balhika dan angkatan perangnya sebagai pemimpin garis depan. 

Bima bertarung melawan Drona dengan sengit. Bima memanah kusir kereta Drona sehingga tewas seketika. Drona mengambil alih kedudukan kusirnya, lalu menghancurkan sebagian besar pasukan Pandawa. Serangan Drona dihadapi oleh Drestadyumna. 

Sementara itu, Bima melancarkan serangan ke garis pertahanan yang terdiri dari putra-putra Dretarastra, yaitu: Dursasana, Durwisaha, Dursaha, Durmada, Jaya, Jayasena, Wikarna, Citrasena, Sudarsana, Carucitra, Duskarna, Karna (Karna adik Duryodana, bukan Karnasahabat Duryodana). 

Mereka semua mengepung Bima dari segala penjuru. Bima meloncat turun dari keretanya sambil membawa gada. Di tengah pasukan musuh, Bima mengamuk sehingga pasukan Korawa kacau-balau. Melihat Bima dalam bahaya, Drestadyumna segera meninggalkan Drona dengan maksud membantu Bima. 

Dengan bantuan Drestadyumna, Bima menghancurkan pasukan Korawa dengan lebih mudah. Setelah menyaksikan Bima dalam bahaya, Yudistira mengirim Abimanyu untuk membantu pamannya tersebut. Abimanyu melawan para putra Dretarastra, sementara Duryodana dihadapi oleh lima putra Dropadi, yaitu Pratiwindya, Sutasoma, Srutakarma, Satanika, dan Srutakirti. 

Menjelang sore hari, Bisma masih mengamuk menghancurkan pasukan Pandawa. Akhirnya, matahari terbenam dan seluruh pasukan ditarik mundur pada malam hari itu.

- 12 Kurawa bersaudara (Dursasana, Durwisaha, Durmata, Dursaha, Jaya, Jayasina, Wikarna, Citrasena, Sudarsana, Curucitra, Suwarma, Duskarna) (Menang) VS Bima (Kalah) di amankan Drestadyumna 
- 11 Kurawa bersaudara (Kalah) VS Drestadyumna (Menang) - Duryudana (Menang) VS Bima & Drestadyumna (Kalah) - Duryudana (Kalah) VS Abimanyu & Kekaya (Menang) 
- Resi Drona (Menang) VS Drestadyumna, pasukan Panchala (Kalah) 
- Resi Drona (Menang) VS Bima, Pasukan Matsyah (Kalah) 
- Duryudana (Kalah) VS Bima (Menang) 
- Bhisma (Menang) VS Bima (Kalah) 
- Duryudana VS 5 Panchawala bersaudara (PratiMenangdya, Sutasoma, Srutakarma, Satanika, & Srutakirti.) 

HASIL PERANG : Kurawa (Menang) ; Pandawa (Kalah).

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form