Perang Baratayuda Hari ke- 10 Sepuluh

baratayuda 10


PERANG HARI KE 10: 

KOMANDAN TERTINGGI : Kurawa (Bhisma) ; Pandawa (Drestadyumna) 
PEMIMPIN PASUKAN : Kurawa (Bhisma) ; Pandawa (Arjuna, Srikandi) 
FORMASI PERANG : Kurawa (Bhisma), (Dursasana=Kanan), (Sangkuni=Kiri), (Duryudana=Belakang) Pandawa (Arjuna, Srikandi 1 Kereta), (Drestadyumna=Kanan, Setyaki=Kiri), (Yudhamanyu, Uttamaujas=Belakang) 

JALANNYA PERANG : 

Pada hari kesepuluh, Pandawa yang merasa tidak mungkin untuk mengalahkan Bismamenyusun suatu strategi. Mereka berencana untuk menempatkan Srikandi di depan kereta Arjuna, sementara Arjuna sendiri akan menyerang Bisma dari belakang Srikandi. 

Srikandi dipilih sebagai tameng Arjuna sebab ia merupakan seorang wanita yang berganti kelamin menjadi pria, dan hal itu membuat Bisma enggan menyerang Srikandi. 

Disamping itu, Srikandi merupakan reinkarnasi Amba, wanita yang mati karena perasaannya disakiti oleh Bisma, dan bersumpah akan terlahir kembali sebagai pembunuh Bisma yang menjadi penyebab atas penderitaannya. Srikandi menyerang Bisma, namun Bisma tidak menghiraukan serangannya. 

Sebaliknya, ia malah tertawa, sebab ia tahu bahwa kehadiran Srikandi merupakan pertanda buruk yang mampu mengantarnya menuju takdir kekalahan. Bisma juga tahu bahwa ia ditakdirkan gugur karena Srikandi, maka dari itu ia merasa sia-sia untuk melawan takdirnya. 

Bisma yang tidak tega untuk menyerang Srikandi, tidak bisa menyerang Arjuna karena tubuh Srikandi menghalanginya. Hal itu dimanfaatkan Arjuna untuk mehujani Bisma dengan ribuan panah yang mampu menembus baju zirahnya. Ratusan panah yang ditembakkan Arjuna menembus tubuh Bisma dan menancap di dagingnya. 

Bisma terjatuh dari keretanya, namun badannya tidak menyentuh tanah karena ditopang oleh panah-panah yang menancap di tubuhnya. Setelah Bisma jatuh, pasukan Pandawa dan Korawa menghentikan pertarungannya sejenak lalu mengelilingi Bisma. 

Bisma menyuruh Arjuna untuk meletakkan tiga anak panah di bawah kepalanya sebagai bantal. Kemudian, Bisma meminta dibawakan air. Tanpa ragu, Arjuna menembakkan panahnya ke tanah, lalu menyemburlah air dari tanah ke mulut Bisma. 

Meskipun tubuhnya ditancapi ratusan panah, Bisma masih mampu bertahan hidup sebab ia diberi anugrah untuk bisa menentukan waktu kematiannya sendiri.

Dalam keadaan seperti itu, ia memberi wejangan kepada para cucunya yang melakukan peperangan. Meskipun sudah tak berdaya, Bisma mampu hidup selama beberapa hari sambil menyaksikan kehancuran pasukan Korawa.

- 3 Ksatria perkasa (Resi Drona, Anggada, Kritavarman) VS Uttamaujas & Yudhamanyu (Imbang) 
- Duryodana (Menang) VS Uttamaujas (Kalah) saved Yudhamanyu 
- Sushena (putra Karna) Tewas VS Uttamaujas (Menang) 
- Bhisma (Kalah) VS Srikandi & Arjuna = (Menang) 
- (Meskipun tubuhnya ditancapi ratusan panah, Bisma masih mampu bertahan hidup Sampai Akhir Perang sebab ia diberi anugrah untuk bisa menentukan waktu kematiannya sendiri.) 

HASIL PERANG : Kurawa (Kalah) ; Pandawa (Menang).

3 Comments

  1. di hari ke sepeuluh ini resi bisma tumbang dengan badan penuh dengan panah tapi dia tidak mati,...

    ReplyDelete
Previous Post Next Post

Contact Form