Surya Majapahit - Lambang Kerajaan Majapahit

Surya Majapahit

 

 Lambang kerajaan Majapahit adalah mandala majapahit / surya majapahit yg sinarnya menjurai 9 arah Ditengah Dewa siwa dan Dewi shakti adalah lambang bersatunya energi positif dan negatif/ yin dan yang/ lingga dan yoni, dan 8 arah mata angin dg dewa dewa penjaganya.

Yang bermakna berjiwa besar mengajarkan keselarasan tanpa membedakan, makanya terbersit semboyan bhinneka tunggal ika ibarat baju tebuat dari kain bathik berbagai macam warna kalau dipadukan dg selaras akan muncul keindahan.

Makanya, tak aneh kalau di negri nusantara beraneka ragam adat dan budaya tapi saling melengkapi dan tatanan macam ini tak ada di belahan bumi manapun, kecuali indonesia kalau kita sadar akan kenyataan ini kalau ada budaya luar masuk kalau tidak dari wilayah yg berperadaban tinggi.

Dan mengajarkan keselarasan akan hanya merusak tatanan dan kalau kita terbawa arus pasti negri ini tenggelam dari kancah internasional.

 Lambang kerajaan majapahit mempunyai arti masing-masing, berikut adalah arti dari Lambang kerajaan majapahit :

1. Dewa Siwa (Shiva) Lambang dewa Siwa berada di tengah , ini melambangkan siwa adalah dewa utama termasuk dalam dewa TRIMURTI, dengan tugas sebagai pelebur sesuatu yang telah usang dan akan di kembalikan ke asalnya. dewa siwa merupakan dewa penguasa Madya dengan kendaraan Lembu nandini bersenjatakan Padma.

2. Dewa Iswara (Isvara) merupakan dewa penguasa arah Timur / Purwa, kendaraan yang di gunakan adalah gajah dengan senjata Bajra.

3. Dewa Mahadewa (Mahadeva)sebagai dewa yang menguasai arah Barat senjata yang di pakai adalah Nagapasha dan kendaraannya adalah Naga.

4. Dewa Wisnu (Vishnu) merupakan dewa yang menguasai arah Utara dengan senjatayang di gunakan adalah Cakra Sudarsana dengan tunggangan Garuda, tugas dari Dewa Wisnu adalah senagai Dewa pemelihara, dan termasuk dalam Dewa Trimurti dengan Dewa Brahma dan Dewa Siwa. gelar dari dewa wisnu adalah Shititi (Pemelihara).


Lambang Majapahit


5. Dewa Brahma adalah dewa penguasa arah selatan, dia adalah dewa pencipta dengan senjata gada dengan kendaraan Angsa, Dewa Brahma juga termasuk kedalam dewa TRIMURTI.

6. Dewa Shambu (Sambhu) senjata yang di gunakan adalah Trisula dengan kendaraan wahana wilmana, Dewa Shambu adalah dewa penguasa arah timur laut.

7. Dewa Maheswara (Mahesora) sebagai Dewa penguasa arah tenggara dengan senjata Dupa dan kendaraan Harimau.

8. Dewa Sangkara sebagai dewa penguada barat laut, dengan senjata yang di gunakan adalah Duaja dengan tunggangan Singa.

9. Dewa Rudra meerupakan dewa penguasa arah barat daya senjata yang di gunakan adalah Moksala dan kendaraannya adalah kerbau.

0/Post a Review/Review