Pura Lempuyang Gate of Heaven nya Pulau Bali

 Pura Lempuyang berada di Gunung Lempu -yang yang terletak di kecamatan abang, kabupaten Karangaem, bali. Terletak di ujung timur pulau bali dimana lereng timur gunung lempuyang langsung berbatasan dengan pantai timur Bali, tepatnya berada pada ketinggian 1.175 m di atas permukaan laut.







Pura Lempuyang Luur merupakan tempat suci bagi umat Hindu, sekaligus sebagai destinasi wisata Bali timur. Pura Lempuyang, yang secara lokal disebut Pura Lempuyang Luhur, adalah salah satu Pura tertua dan paling dihormati di Bali. Penghormatan ini setara dengan Besakih, yang biasa disebut the mother temple of Bali.

Mengenai usia dan kedudukan pura, kedua pura ini diyakini melebihi dari mayori-tas pura lain di pulau Bali. Untuk mencapai Pura Lempuyang luhur, pe -ngunjung harus melalui tangga curam de -ngan lebih dari 1.700 anak tangga. Sepanjang perjalanan mandaki anak tangga, pengun-jung kita bisa berinteraksi dengan puluhan monyet berekor panjang yang hidup liar di kawasan tersebut.

Arsitektur yang megah, indah dan cantik de-ngan ornamen khas tradisional Bali tampil jumawa memisahkan areal luar pura dengan bagian dalam, seolah memisahkan sifat ke-duniawian manusia dengan tujuan rohani dan mendekatkan diri dengan Sang Pencipta.








Anak tangga menuju areal madya mandala yang nantinya menuju utama mandala Pura Penataran Agung Lempuyang ini diapit oleh sepasang patung Naga Anantaboga dan Basuki, serta deretan patung Pandawa dan Krishna. Pura Lempuyang terbagi dalam tiga mandala yaitu Lempuyang Sor, Lempuyang Madya dan Lempuyang Luhur.

Berdasarkan lontar Markandeya Purana, Pura Lempuyang didirikan oleh Rsi Markandeya sekitar abad ke-8 M. Pada saat itu Rsi Markan dya membuat sebuah pesantian untuk keper-luan persembahyangan sekaligus memba-barkan ajaran Hindu. Karena tempat ini adalah Tempat suci bagi umat Hindu maka pengunjung harus mengi-kuti aturan yang telah di tentukan. Inilah Pura Lempuyang yang terkenal dengan "Gate of Heaven" nya.

0/Post a Review/Review