Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tempat Wisata Terindah di pulau Sulawesi

 Pulau sulawesi adalah salah satu dari lima pulau terbesar di Indonesia, dengan banyak pulau-pulau kecil yang mengelilinginya tak heran jika Pulau ini mempunyai begitu banyak tempat wisata yang indah dan sedap di pandang.

Tempat Wisata di pulau ini sangat beragam dari danau, air terjun, pantai, dan wisata alam lainya dan tentu tak lupa dengan kuliner khas daerah sulawesi, ini lah beberapa tempat wisata terindah di pulau sulawesi

1. Pusentasi Pusat Laut

 Pusentasi Pusat Laut adalah suatu tempat wisata bahari yang berada di Desa Towale, Kecamatan Banwa, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah yang dapat di tempuh sekitar 30 menit dari pusat Kota Donggala ( 12 km ) atau dari Kota Palu selama 2 jam perjalanan. Dikawasan ini juga terdapat pantai yang berpasir halus serta jembatan sepanjang 15 meter menuju laut.




Pusentasi Pusat Laut berbentuk sumur besar berdiameter 10 meter dan kedalamannya mencapai 15 meter. Yang menjadi keunikannya yaitu meskipun air laut surut maupun pasang keadaan airnya tetap sama dan jernih, padahal jaraknya terletak 5 meter diatas permukaan air laut.  Konon didalam lubang Pusat Laut terdapat terowongan yang menghubungkan ke laut.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan pesonanya, sudah disediakan tangga guna untuk menuju ke daratan serta berenang di lubang ini. Kondisi jalan menuju ke lokasi cukup sulit dengan kon

2. Pantai Talise Beach

Obyek wisata ini cocok untuk olahraga selancar angin, ski air dan sebagainya. Di pantai ini juga pengunjung dapat menikmati terbenamnya matahari di sela sela gunung Gawalise  sambil menyaksikan para nelayan menangkap ikan. Sedangkan pada malam hari, pantai yang terletak kota Palu ini merupakan tempat yang banyak dikunjungi masyarakat untuk menikmati makanan dan minuman tradisional.




Pantai Talise luasnya membentang di Kota Palu Hingga Kabupaten Donggala, tepatnya terletak 2 km sebelah utara Kota Palu. Pantai yang sangat cocok digunakan untuk kegiatan berenang, wind surfing ( selancar angin ), menyelam, sky air, memancing, ternyata mempunyai paronama alam yang indah berupa hamparan teluk dan deretan pegunungan yang mempesona.

Pantai Talise menjadi salah satu tujuan para wisatawan, karena didukung aksesnya yang mudah, biaya murah, dan memiliki pemandangan yang disajikan cukup indah. Selain itu ketika menjelang sore melihat keelokan terbenam matahari di antara Gunung Gawalise.  Di malam hari pun terdapat pemandangan yang tak kalah indahnya yaitu lampu-lampu hias yang sengaja dipasang di perahu para nelayan yang bergerak ke tengah teluk.

Wisata kuliner di sepanjang Pantai Talise terdapat makanan khas yang ditawarkan yakni pisang goreng, pisang gepe, jagung bakar, dan juga sarabba. Bagi pengunjung yang ingin menginap di kawasan pantai ada tempat inap berupa hotel maupun wisma

3. Pulau Lutungan

 Konon sebelum dinamai Pulau Lutungan, pulau ini bernama Tanjung Enau ( Tando Kanau ) oleh masyarakat Tolitoli, yang dikarenakan pulau tersebut dipenuhi pohon enau. Posisi Pulau Lutungan tepat berada di arah barat Kota Tolitoli. Pulau kecil ini memiliki pemandangan yang indah dengan pantai berpasir putih, air laut yang jernih, terdapat populasi terumbu karang beserta berbagai biota laut didalamnya.




Obyek wisata Pulau Lutungan selain memiliki paronama alamnya yang indah, juga memiliki nilai sejarah. Di kawasan pulau ini terdapat makam Raja Tolitoli yang bernama Syaefudin Bantilan yang merupakan keturunan Raja Mohammad Yusuf Syaiful Muluk Muidjuddin ( Malatuang ). Pulau lutungan bisa diakses menggunakan perahu dari Kota Tolitoli kurang lebih 30 menit perjalanan.

3. Air Terjun Saluopa

 Nama lain Air Terjun Saluopa adalah Air Luncur Saluopa yang memiliki tinggkat sebanyak 12 buah, setiap tingatannya terdapat tangga guna untuk menuju tingkatan lainnya. Bermacam fauna bisa ditemui di hutan tropis sekitar air terjun. Kondisi air di Air Terjun Saluopa sangat jernih dan bersih hingga bebatuan yang di alirinya trelihat jelas.




Lokasi Air Terjun Saluopa berada di Desa Tonusu, Pamona Utara, Poso, Sulawesi Tengah. Dari Kota Tentena jaraknya sekitar 13 km ke barat, Sedangkan untuk tempat inapnya sebaiknya menginap di Hotel dekat obyek wisata Air Terju Saluopa yakni Hotel Ue Datu Cottages.

4. Hutan Lindung Marowali

 Hutan Lindung Marowali tepatnya berada di Kabupaten Marowali, Sulawesi Tengah. Perjalanan dapat di akses menggunakan perahu motor dari Kolonodale, Marowali. Di sebagian kawasan Hutan Lindung Marowali di huni oleh penduduk asli Suku Wana dan di bagian pesisir pantai di huni oleh Suku Bajoe. Kawasan ini memiliki satwa yang tidak ada duanya yakni Anoa ( kelelawar raksasa yang mempunyai batang sayap mencapai 2 meter ).




Di kawasan Hutan Lindung Marowali meliputi hutan suaka alam, hutan wisata, hutan produksi, dan areal penggunaan lain.

5. Air Panas Mantikole

 Obyek wisata Air Panas Mantikole mempunyai pemandangan alam yang masih asli dan alami. Keberadanya di lereng gunung di Desa Mantikole, Kecamatan Dolo, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Air panas di lokasi ini mengandung belerang yang bermanfaat menyembuhkan berbagai penyakit, terlebih khususnya penyakit kulit.




Air yang mengalir di sungai sangat jernih melewati bebatuan besar di tengah hutan tropis yang dihuni bermacam satwa liar, sangatlah cocok untuk menenangkan diri dari rutinitas sehari-hari. Di lokasi wisata sudah terlengkapi fasilitas peristirahatan dan kolam renang. Lokasinya berjarak 25 km kearah selatan dari Kota Palu dengan kondisi jalan yang dapat di tempuh menggunakan semua jenis kendaraan.

Itulah 5 tempat Wisata terindah di pulau sulawesi yang bisa kita kunjungi setiap saat sebgai tujuan wisata keluarga,...

I Love Indonesia.

Post a Comment for "5 Tempat Wisata Terindah di pulau Sulawesi"