Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Tempat Wisata yang wajib anda kunjungi di papua

 Selain Wisata di kepuluan Raja ampat papua yang terkenal dengan alamnya nan indah, masih banyak tempat Wisata di papua yang menarik untuk anda kunjungi bersama keluarga dan teman-teman anda.

Ada banyak tempat singgah yang sangat aduhai indahnya bak surga yang jatuh ke bumi, iitulah bumi papua dan beberapa destinasi tempat Wisata tersebut adalah sebagai berikut :

1. Danau Sentani

Danau dengan luas 9.360 hektar ini merupakan danau terbesar di Papua. Terletak sekitar 50 km dari pusat kota Jayapura, Danau Sentani menawarkan keindahan luar biasa. Sedikitnya ada 21 pulau yang menghiasi danau dengan ketinggian 75 meter di atas permukaan laut ini.



Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini mulai dari berenang, memancing, menyantap kuliner di sekitar danau sampai menyewa perahu untuk berkeliling danau. Selain itu, ada 24 desa di sekitartempat wisata ini yang bisa Anda kunjungi dan berinteraksi langsung dengan warganya. Pemandangan deretan rumah panggung dengan jaring ikan menjadi hal yang wajar Anda saksikan di sini. Yang menarik adalah adanya acara tahunan yaitu Festival Danau Sentani yang biasa diselenggarakan pada pertengahan bulan Juni. 

2. Danau Paniai

Danau Paniai tak kalah menarik dari Danau Sentani.Danau ini bahkan disebut sebagai danau terindah pada Konferensi Danau Se-Dunia di India pada tanggal 30 November 2007 yang diikuti 157 negara. Danau ini berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut dengan luas 14.500 hektar.



Saat senja, pemandangan di tempat wisata ini sangat cantik. Anda bisa melihat siluet tebing-tebing, burung-burung berterbangan di atas danau ditambah perahu nelayan setempat yang mulai merapat pulang. Di sini, Anda bisa memancing bersama perempuan-perempuan suku Mee dan Moni yang biasa dipanggil ‘mama’. Danau Paniai merupakan salah satu penghasil ikan air tawar terbesar di Papua, banyak ikan yang Anda temukan di sini seperti ikan mas, ikan nila dan ikan mujair.

3. Pulau Wayag

Pulau ini menyimpan keindahan yang sangat luar biasa dan tak akan bisa kita temui di tempat lain, sungguh tak akan pernah ada di belahan dunia manapun hanya di Papua Baratlah tempatnya. Pulau yang menyimpan keeksotisan dan keunikan ini sering kali mendapat julukan surga penyelam di Raja Ampat. Pulau inilah yang menjadi ikon utama Raja Ampat.



Kegiatan diving dan snorkelling bisa dilakukan ditempat ini, tak ada tempat snorkelling paling indah kecuali disini. Adanya terumbu karang dan ribuan jenis ikan memberikan pemandangan yang sangat indah. Dipermukaannya yang tak kalah menyimpan keindahan Pulau Wayag ini adalah lautnya yang biru dan terdapat pulau-pulau kapur membentang secara harmonis membentuk pemandangan yang dapat memanjakan mata dan menyejukkan hati.

4. Pulau Rumberpon

Pulau Rumberpon berada di Teluk Wondama atau 5 jam perjalanan dengan kapal dari Manokwari. Pulau ini memiliki pantai yang disebut dengan Pantai Pasir Panjang karena memang garis pantainya sangat panjang mencapai 6 km. Di tempat wisata ini, Anda bisa melakukan kegiatan andalan seperti menyelam, snorkeling, berenang dan memancing. Jika ingin pengalaman berbeda, cobalah mengunjungi hutan bakau yang ada di pesisir lain di pulau ini. Anda juga bisa ke padang alang-alang untuk melihat burung rusa di sini.



5. Pantai Tuturuga 

Pantai Tuturuga yang berpasir putih, seperti pantai – pantai di papua lainnya, merupakan kawasan bertelur bagi penyu belimbing. Sesuai dengan namanya, Tuturuga yang berarti penyu. Perairan pantai yang Tuturuga memiliki hamparan terumbu karang beserta ikan – ikan kecil penghuninya yang mempesona, sampai di kedalaman 30 meter di bawah permukaan laut.



Kegiatan menyelam dan snorkeling di pantai ini akan merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan dan takkan terlupakan karena keindahannya.

6. Air Terjun Wafsarak

Di Papua ada sebuah air terjun yang terbilang cukup perawan, namanya Wafsarak. Air terjun ini jarang sekali dikunjungi wisatawan. Padahal, alam di sekitar air terjun termasuk sangat indah. Banyaknya pepohonan membuat suasana menjadi sejuk. Airnya yang jernih sangat nyaman saat menyentuh kulit.Sepinya kawasan air terjun Wafsarak mungkin membuat Anda seperti menjadi penguasa di sana. 




Mau bermain air atau berenang dengan kawan-kawan tidak perlu berjubelan. Tinggi air terjun mencapai 10 meter. Kalau Anda ingin terjun dari tebing ke dalam air juga bisa. Biar tidak bosan, menyusuri bukit di sekitar air terjuan akan menambah kesenangan Anda.

7. Air terjun Cyclops

Air Terjun Cyclops-Jayapura Air Terjun Cyclops-Tanah Jayapura yang memiliki dataran berbukit-bukit serta memiliki jajaran pegunungan Cyclops, mampu menjadikan pemandangan di kota ini tampak cantik dan sangat indah. Dengan adanya deretan gunung dan perbukitan tersebut, memungkinkan adanya aliran air dari atas dan menciptakan suatu keindahan alam berupa air terjun.




Salah satu diantaranya adalah Air Terjun Cyclops yang dinamai sesuai dengan pegunungan yang menjadi asal mata airnya. Lokasi dan Transportasi Untuk mencapai lokasi dari Air Terjun Cyclops, jarak tempuh tidak begitu jauh dari pusat kota Jayapura. Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 25 kilometer dan menuju ke arah Bandara Sentani.

8. Pantai Yen Beba 

Pantai ini adalah salah satu dari pantai berpasir putih di Kabupaten manokwari. Nama Yen Beba memang berasal dari karakter pasir pantainya, yang artinya pasir putih. Hamparan pasir putih di pantai ini mencapai 500 meter panjangnya, butiran pasir putih yang sangat halus terasa lembut saat digenggam dengan tangan. 




Angin yang bertiup dengan sejuk, pasir putih yang lembut dan biru jernih air laut dengan ombak yang tidak besar, membuat pantai ini sangat sesuai untuk kegiatan berenang dan piknik. pantai Yen Beba adalah pantai yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, terutama wisatawan lokal, karena lokasinya mudah dijangkau. Lokasinya yang dekat dengan kota membuat pantai ini ramai oleh pengunjung, terutama pada hari sabtu maupun minggu. 

9. Pantai Triton

Pantai Triton yang berpasir putih terkenal akan keindahan alam bawah airnya. Berbagai jenis ikan dan terumbu karang terdapat di daerah ini, yaitu 937 spesies ikan dan 492 spesies terumbu karang. Keindahan terumbu karang lunak adalah pemandangan khas yang menghias perairan pantai triton.




Bukan hanya pemandangan terumbu karang serta ikan – ikan penghuninya. Saat menyelam, para wisatawan dapat melihat dan menjelajahi reruntuhan kapal laut Inggris yang karam di perairan teluk Triton. Kabarnya, ada kapal Cina dari dinasti Ming tenggelam di daerah tersebut.

Post a Comment for "9 Tempat Wisata yang wajib anda kunjungi di papua"