Ide kepemimpinan dalam RAJAH KALACAKRA

 Terdapat Ide/gagasan mengenai pegangan seorang pemimpin dalam Rajah Kalacakra. Rajah, berarti tulisan rahasia, kala artinya waktu, dan cakra berarti perputaran. Rajah Kalacakra berarti bacaan / ayat rahasia yang dapat mengatasi perputaran waktu.

Kalacakra


Waktu demikian cepat berubah, karena itu seorang pemimpin yang memiliki pegangan Rajah Kalacakra akan mampu menyesuaikan dan mengatasi gejolak jaman.

Lirik mantra Rajah Kalacakra berbunyi :

Yamaraja – Jaramaya, Penyerang jadi Pengasih

Menjadi pemimpin bukan untuk semena-mena terhadap anak buahnya, tapi sebaliknya mampu mampu mengayomi dan melindungi anak buah dalam kerangka kasih. Seorang pemimpin hendaknya mampu menguasai berbagai hal yang tak kelihatan (tersamar/maya) demi keselamatan negara / rakyat / anak buah

Yamarani – Niramaya, Keburukan jadi jauh

Dalam mendekati hal-hal yang maya tersebut perlu hati-hati. Hal yang maya termasuk di dalamnya setan yang sangat berbahaya sering menggoda pemimpin. Seorang pemimpin yang mampu menaklukkan setan, ti mampu menaklukkan hawa nafsunya. Setan yang mewujud dalam hawa nafsu adalah musuh tersamar seorang pemimpin.

Yasilapa – Palasiya, Kelaparan jadi Makanan

Pemimpin perlu menyadari bahwa lapar itu dapat mengakibatkan kejahatan (degsiya).

Sebaliknya, pemimpin juga harus berani malasiya (menindak tegas) siapa saja yang berbuat kejahatan.

Yamiroda – Daromiya, Pemaksa jadi Pembebas

Seorang pemimpin hendaknya tidak memaksakan kehendak pada rakyatnya, sebaliknya ia harus berani memberikan kebebasan berekspresi baik dalam hal mengemukakan pendapat, beribadah maupun berkelompok.

Yadayuda – Dayudaya, Perang jadi Damai

Pemimpin harus mampu mengatur strategi untuk menyusun kekuatan jika terjadi marabahaya. Keselamatan harus diutamakan. Ia harus berdiri tegak, tak terkotori urusan politik. Dalam mengatur strategi, harus mengutamakan usaha damai agar tidak menimbulkan korban dan kerusakan yang lebih besar.

Yaciyasa – Cayasiya, Celaka jadi Sehat Sejahtera

Tak dapat dielakkan,

Bahwa bencana maupun kecelakaan mungkin saja terjadi. 

Maka dari itu, melalui kebijakan-kebijakannya, seorang pemimpin hendaknya dapat mengubah situasi rakyatnya yang sedang dirundung kemalangan karena bencana, menjadi sehat sejahtera seperti sedia kala.

Yamidosa – Sadomiya, Perusak jadi Pembangun

Membangun, tidak hanya dalam hal bentuk fisik negara, tetapi sekaligus akhlak dan sikap mental rakyat. Seorang pemimpin harus dapat membebaskan rakyat dari perbuatan dosa. 

Pemimpin perlu memikirkan strategi untuk memberantas perjudian, kemaksiatan, narkoba, korupsi, yang dapat membuat rakyatnya lupa akan Allah, Shang Hyang Amurba Gesang.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form