Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siomay Ikan Tenggiri - Sejarah dan cara pembuatannya

 Siomay adalah makanan yang mulanya berasal dari Tiongkok (china). Makanan ini dibawa oleh pedagang-pedagang dari tiongkok menuju indonesia, hingga saat ini makan ini selalu menjadi penghias menu tempat kuliner di Indonesia.

Siomay


Siomay awalnya disajikan sebagai makanan rumahan. Awalnya siomay ini dibuat dari daging babi yang dicincang dan kemudian dibungkus dengan kulit pangsit, disajikan bersama-sama penganan lain untuk makan pagi (dimsum) atau sambil minum teh (Yam Cha).

Siomai atau siomay Dalam bahasa Mandarin, makanan ini disebut shaomai, sementara dalam bahasa Kanton disebut siu maai. Dalam dialek Beijing, makanan ini di sebut shaomai. Kulit siomai adalah serupa dengan kulit pangsit.

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain daging ikan tengiri yang dihaluskan, kemudian tepung kanji, labu siam yang diparut dan lain sebagainya. Ini adalah salah satu bahan utama agar hasil siomay enak dan kenyal.

Agar semakin lengkap dan istimewa, bisa di tambahi rebusan kentang, tahu putih, tahu kuning, telur rebus, telur ayam rebus, telur puyuh, jeruk limo, serta kol. layaknya siomai yang di jual oleh pedagang keliling.

Seperti siomay ikan tuna, siomay ayam (chicken siomay), siomay udang, siomay tahu, siomay seafood, siomay tahu aci, siomay wortel, siomay tanpa ikan dan lain sebagainya. Olahan siomay memang paling gampang di kreasikan dengan apa pun, termasuk dengan sayur pare.

Jajanan siomay paling di gemari dan populer di daerah Bandung,Semarang dan Jogjakarta. Tak aneh lagi bila jajanan siomay ini memiliki banyak kreasi rasa dan bentuk di sana.

Siomay ikan paling enak disajikan selagi hangat bersama sambal kacang, saus lengkap dengan kecap manis dan bawang goreng. Bahan-bahan dan Cara Membuat Siomay Ikan Tengiri seperti berikut ini.

Resep Siomay Ikan Tengiri Beserta Cara Membuatnya

Bahan Bumbu Kacang Siomay :

- Kacang tanah 100 gram (goreng, haluskan)

- Cabai merah giling 1 sendok makan

- Bawang putih halus 1 sendok teh

- Bahan Pelengkap Siomay :

- Kol

- Kentang

- Tahu putih

- Telur rebus

- Jeruk Limo (Limau)

- Dan pelengkap lainnya sesuai selera.

Bahan-bahan Siomay Ikan :

* Ikan tengiri yang sudah dihaluskan 350 gram

* Tepung kanji 3 sendok makan

* Bawang putih halus 1 sendok teh

* Putih telur 2 butir

* Daun bawang 2 batang (iris halus)

* Labu siam parut halus 3 sendok makan

* Garam secukupnya

* Lada secukupnya

Langkah Membuat Siomay Ikan Tengiri :

Siomay : Pertama-tama aduk semua bahan untuk siomay hingga rata. Jika ada kulit pangsit, bisa dipakai untuk menggulung adonan agar seperti siomay ala dim sum. Caranya ambil sedikit adonan siomay, masukkan ke dalam kulit pangsit lalu rapihkan pinggirnya. Hias dengan parutan wortel. Bisa juga siomay ala abang-abang dengan cara bulatkan adonan dengan bantuan 2 sendok. Sisihkan.

Untuk isian siomay tahu, silahkan kerat 1 sisi bagian tahu, kerok sedikit isinya buat cekungan. Kemudian masukkan adonan siomay, rapikan. Kalau pengin tahu original yo tinggal direbus saja tahunya tanpa isian.

Selanjutnya kentang, silahkan cuci bersih saja atau bisa juga dikupas terlebih dahulu. Kemudian potong sesuai selera. Sedangkan untuk kol bersihkan per lembar lalu siram air panas agar sedikit layu untuk memudahkan menggulungnya. Selanjutnya kukus semua siomay, tahu, kol dan kentang hingga matang.

Bumbu Kacang : Tumis bawang putih dan cabai giling hingga terciuma aroma wangi sedap. Setelah itu masukkan kacang yang sudah dihaluskan, tambahkan air, gula dan garam. Cicipi rasanya, silahkan tambahkan bumbu lain sesuai selera jika ada yang kurang.

Siapkan piring saji, kemudian susun siomay ikan, tahu, kentang, telur dan kol. Siram dengan bumbu kacang, peras air jeruk limo. Terus tambahkan kecap manis dan bawang goreng jika suka. Selamat menikmati,...

Post a Comment for "Siomay Ikan Tenggiri - Sejarah dan cara pembuatannya"