3 Wisata Alam terindah di Jawa Tengah

Ketep Pass - Magelang 

 Ketep Pass adalah nama sebuah objek wisa-ta  di  Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Ketep Pass ini merupakan Objek Wisata alam yang dikembangkan dengan ciri khas wisata kegunungapian, khususnya Gunung Merapi.

Ketep Pass


Pada tanggal 17 Oktober  2002, Ketep Pass diresmikan sebagai kawasan wisata jalur Solo Selo Borobudur (SSB) oleh  Presiden  ke-5  Republik Indonesia  Megawati Soekarnoputri.

Ketep Pass berada pada ketinggian 1200 meter dpl dan luas areanya kurang lebih 8000 meter persegi. Ketep pass ini berjarak 21 km dari Mungkid, 17 km dari Desa Blabak ke arah timur, 30 km dari Kota Magelang, 35 km dari Kota Boyolali, dan 30 km dari Candi Borobudur.

Dari Kota Salatiga yang berjarak sekitar 32 km, Ketep Pass dapat dicapai melalui Kopeng dan Desa Kaponan. Lokasi objek wisata Ketep Pass ini mudah dijangkau baik dengan bus besar, minibus, sedan atau sejenisnya maupun sepeda motor karena medan jalannya yang tidak terlalu susah untuk dilewati.

Ketep Pass

Ketep Pass

Ketep Pass


Ketep Pass termasuk sebagai salah satu objek wisata alam di Magelang. Dari tempat ini pengunjung bisa melihat pemandangan alam dari ketinggian. Salah satu pemandangan yang bisa diamati dari area wisata ini adalah Gunung Merapi.

Berada di antara 2 gunung Merapi dan Merba-bu menawarkan keindahan yang tiada dua nya. Bahkan dari gadu pandang tempat wisata ini, kita bisa melihat puncak 4 gunung ya-itu Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing.

Panorama keindahan puncak pegunungan tentu menjadi hiburan utama bagi kita yang datang ke sini. Selain tentu saja kesejukan udara dan keindahan alam kawasan wisata serta beragam aktivitas lainnya.

Kesejukan udaranya dengan berbagai bentuk awan yang silih berganti membuat kita betah berlama lama di tempat ini.


Kawasan Wisata Posong - Temanggung, Jawa Tengah

Kawasan Wisata Posong atau Kawasan Wisata Lembah Sindoro adalah satu kawasan wisata yang terletak persis di kaki Gunung Sindoro, terletak di desa Posong, Temanggung Jawa Tengah.

Wisata Posong

Posong


Saat melihat jauh kedepan maka Gunung Sindoro terlihat berdiri anggun,  mata dan jiwa terasa teduh oleh hamparan alam yang asri. Terlihat jajaran hutan pinus, sawah, hingga kebun tembakau di antara lekuk bukit.

Kawasan Wisata Posong atau Lembah Sindoro ini berada di ketinggian 1.823 meter di atas permukaan laut, dengan luas 1,2 hektar. 

Dari tempat wisata Posong ini kita dapat melihat jelas puncak Gunung Sindoro. Lanskap nya berpadu hamparan kebun sayur dan buah yang tumbuh mengikuti kontur lereng gunung.

Di samping itu pemandangan nya sangat menawan, beraneka bentuk awan dan bukit-bukit di bawahnya akan menjadi satu kesatuan yang sungguh menakjubkan.

Wisata Posong

Wisata Posong

Wisata Posong


Kebanyakan yang datang ke sini karena ingin menyaksikan matahari terbit dan matahari terbenam, dan ada juga yang ingin melihat indahnya langit di malam hari.

Obyek wisata ini di buka dari pukul 04.00 WIB, dan selanjutnya sekitar pukul lima pagi per-lahan-lahan mentari pagi akan mengintip dari balik Gunung Sumbing. 

Perlahan semu bayangan jajaran Gunung  Merbabu, Merapi, Telomoyo, Muria, hingga Ungaran mulai terlihat. 

Pada saat pukul 06.00 WIB kita akan merasa kan dan menikmati hangatnya Golden Sunrise.

Bukan hanya terbitnya matahari yang menjadi momen buruan, pada saat sore hari akan tersaji pemandangan indahnya matahari terbenam. Pancaran sorot sinar matahari tampak seakan membelah Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Menikmati Wisata Posong tidak hanya Sun-rise dan sunset saja, namun sepanjang hari. Pada saat siang hari dan cuaca cerah, kita bisa melihat ‘samudera awan’ dengan tujuh puncak gunung.

Bahkan jika jika cuaca sedikit mendung, Posong tetap akan memukau karena berselimut kabut yang menciptakan suasana syahdu. Ditambah lagi udara sejuk dan juga tumbuhan-tumbuhan hijau terhampar.


Klangon Hills - Glagahharjo

Bukit Klangon merupakan kawasan tertinggi yang dihuni oleh warga. Bahkan dari bukit ini terlihat dengan jelas Gunung Merapi. Dan tentunya, aktivitas Gunung Merapi ketika aktif dapat dipantau. Orang-orang lebih mengenal dengan nama Bukit Indah Glagaharjo, karena berada di Desa Glagaharjo, Sleman, Yogyakarta.

Klangon Hills Sleman

Klangon Hills Sleman


Bukit Klangon berada di ketinggian kurang lebih 1.100 meter di atas permukaan laut. Kondisi ini menyebabkan daerah bukit ini memiliki udara dingin. Pengunjung harus mengenakan pakaian tebal jika tidak ingin kedinginan.

Tidak hanya sejuk, namun di sini juga pengun jung  dapat  menikmati  keindahan peman -dangan. Hamparan perkebunan milik warga dengan tanaman yang subur. Ditambah pepohonan yang tumbuh tanpa ampun, seolah menjadi pagar alam di wilayahnya.

Berbagai kegiatan wisata dan olah raga bisa dilakukan di sekitar area bukit, selain melihat pemandangan Gunung Merapi secara detail juga bisa untuk melakukan kegiatan  Camping dan sepeda downhill.

Klangon Hills Sleman

Klangon Hills Sleman


Bagi yang senang dengan aktivitas alam, dapat mencoba berkemah atau camping di Bukit Klangon. Di sini, terdapat area landai yang digunakan sebagai lokasi kemah. 

Objek wisata yang dibuka pada tahun 2011 ini, menawarkan berbagai spot foto indah. Ada gardu pandang setinggi kurang lebih 5 meter. Di sini, pengunjung dapat melihat pemandangan Gunung Merapi dengan jelas.

Sayangnya, pemandangan akan terhalang ka but ketika waktu sudah menunjukkan siang hari. Padahal, ketika cuaca cerah pengunjung dapat  menikmati  panorama keindahan  Gunung Merapi yang menakjubkan.

Latar Gunung Merapi yang terlihat Kokoh Perkasa dengan rekahannya yang begitu menggoda akan menjadi latar spot photo yang sangat spesial.

Selain sebagai pemukiman warga dan objek wisata, kawasan bukit juga dijadikan hutan konservasi. Di sini seringkali digunakan untuk kegiatan penelitian. Bahkan, terdapat prasasti Hutan Pendidikan Konservasi Koesnadi Hardjasoemantri.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form