Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Raden Werkodara

Raden Werkodara



Baratayuda Bima

 Werkodara adalah Pandawa ke dua adik dari Puntadewa dia mempunyai sifat yang gagah perkasa, berani, kuat, sabar, bijaksana dan yang paling terkenal adalah dia menganggap semua mansia itu sama, hingga dalam pewayangan di di gambarkan tidak pernah mengunakan bahasa krama.

Werkodara mempunyai keahlian mengunakan Gada yang terkenal adalah gada Rujakpala selain itu werkodara juga mempunyai berbagai senjata pusaka yang sangat ampuh diantaranya Kuku pancanaka, Alugara, Bergawa, Bergawasta.

Selain senjata pusaka dia juga mempunyai Ajian sakti yaitu: Aji Bandung Bandawasa, Aji bayubajra, Aji blabag Penganthol-anthol, dan jga Aji kketuglindhu. werkodara juga mempunyai pakaian yang menambah kewibawaan dan kebesaranya.

Pupuk jarit asem, Sumping Suropati, keletbahu, Candrakirana, adalah pakain dan baju werkodara dia juga mempunyai ikat pinggang Nagabanda dan juga celana Udaraga. Selainitu dia juga mendapatkan anugrah dari para dewata yaitu kain poleng Bintuaji, Kalung nagasasra.

Werkodara sering di beri tugas oleh gurunya yang sangat tidak masuk akal yang tugas itu adalah hasutan dari Kurawa, tugas itu seperti mencari Banyu perwitasari dan Agung susuhingangin sampai akhirnya dia bertemu dengan Dewaruci.

Istri dan keturunan Werkodara


Werkodara mempunyai tiga orang istri dan tiga orang putra, werkodara tinggal di ksatiyan Jodipati

1. Dewi Nagagini mempunyai putra Antareja
2. Dewi Arimbi menurunkan Gatotkaca
3. Dewi Orangayu Menurunkan Antasena

Dalam perang baratayuda Werkodaralah yang membunuh semua anak Destarasta, danyang terakhir terbunuh adalah Duryudana.

Post a Comment for "Raden Werkodara"