Raden Puntadewa

Puntadewa Baratayuda
Puntadewa

 Raden Puntadewa, adalah raja di kerjaan Amarta atau dalam kisah mahabarata di kenal dengan Indraprasta, Amarta dulunya dalah Hutanyang bernama Amarta. Puntadewa adalah anak pertama dari dewi kunti dengan Prabu Pandu dewanata, dia adalah Pandawa tertua.

Puntadewa beristrikan Drupadi dan mempunyai seorang anak bernama Pancawala, Raden puntadewa adalah titisan dari Dewa Dharma yang mempunyai sifat : halus, Jujur, Ikhlas, adil dan tekun dalam kenjalankan ibadahnya.

Pantadewa bergelar Dharmakusuma setelah dia berhasil membangun kerajaan Amarta di hutan wanamarta, dia di angkat sebagai raja dan mempunyai nama lain Yudhistira karena dia saat membangun  Amarta dia sanggup mengalahkan Jin Yudhistira dan arwahnya bersemayam di dalam tubunya.

Senjata Raden Puntadewa adalah jimat kalimasada, Kyai Tunggulnaga dan Kyai karawelang sebagai Pusaka kerajaan amarta, dalam kisah baratayuda Raden Puntadewa diangkat sebagai Senopati dan bertempur melawan Prabu Salya dan sanggup mengalahkannya.

Setelah Perang baratayuda berakhir, Prabu Puntadewa menjadi raja di kerajaan Astinapura dengan gelar Prabu Karimataya, tak berapa lama dia mengundurkan diri dan mengangkat Parikesit cucu Arjuna Sebagai Raja di Astina, keduian Raden puntadewa memimpin perjalanan ke swargaloka bersama Pandawa lainya dan Drupadi untuk mencapai moksa.


0/Post a Review/Review