Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dewa Wisnu


Wisnu baratayuda
Wisnu

 
 Dalam umat agama hindu kita pasti sudah mengenal nama nya dewa wisnu . Tapi terkadang banyak yang kurang tahu dewa wisnu itu sebagai apa . Nah di dalam artikel ini kita akan membahas tentang dewa wisnu secara terperinci supaya orang-orang yang belum mengetahui nya bisa mengetahui nya. 

Di dalam agama hindu di jelaskan bahwa dewa wisnu atau kadang di sebut narayana adalah dewa yang bertugas untuk memelihara (striti) seluruh alam semesta baik itu bhuana agung maupun bhuana alit yang telah di ciptakan oleh dewa brahma Di dalam kitab purana dewa wisnu sering muncul dan menjelma ke dunia untuk menyelamatkan bumi dari kehancuran yang sering di sebut awatara seperti misal nya sri rama dan sri kresna yang muncul dalam itihasa. 

Di dalam penitisan nya atau penjelmaannya dewi laksmi pun ikut menjelma ke dunia . Dewi laksmi sendiri adalah sakti nya atau istri nya dewa wisnu . Di dalam kitab bhagawan gita di jelaskan bahwa dewa wisnu menjelma menjadi sri kresna menjadi kusir kereta nya arjuna saat perang baratha yudha di kurusetra dan menampakan wujud semesta nya kepada arjuna (Putra ke 3 dari pandu dengan dewi kunti ).



Dewa wisnu juga termasuk ke dalam salah satu penguasa penjuru di dalam dewata nawa sanga . Beliau penguasa arah utara dan memiliki urip 4 dengan bersenjatakan cakra sudarsana . Warna beliau adalah warna hitam dengan aksara u (Ung) dan berwahana (Kendaraan) burung garuda . 

Di pulau dewata yaitu pulau bali , dewa wisnu di sembah di wilayah pura ulun danu batur terletak di kabupaten bangli . Dewa wisnu juga termasuk dalam three dewa tertinggi atau di sebut tri murti yang sangat berperan dalam kestabilan bumi .

Post a Comment for "Dewa Wisnu"