Perang Baratayuda Hari ke - 16 Enam belas

Perang Baratayuda Hari ke - 16

PERANG HARI KE 16: 

KOMANDAN TERTINGGI : Kurawa (Karna) ; Pandawa (Drestadyumna) 
PEMIMPIN PASUKAN : Kurawa (Dursasana) ; Pandawa (Bima) 
FORMASI PERANG : Kurawa (??????) ; Pandawa (??????) 

JALANNYA PERANG : 

Pada hari keenam belas, Karna menjadi panglima tertinggi pasukan Korawa. Ia membunuh banyak prajurit pada hari itu. Sebuah pertempuran sengit terjadi antara Arjuna melawan Karna. Bahkan Krisna memuji Karna atas keberaniannya. 

Akhirnya Karna berhasil memutuskan tali busur Arjuna. Tepat saat Karna akan membunuh Arjuna, matahari terbenam. Karena memperhatikan peraturan peperangan, Karna mengampuni nyawa Arjuna. 

Ada versi berbeda mengenai akhir hari keenam belas. Diceritakan bahwa Karna bertempur dengan gagah berani meski dikelilingi para jendral pasukan Pandawa. Mereka semua tidak mampu melawannya. 

Karna memberi serangan mematikan pada pasukan Pandawa sehingga mereka melarikan diri. Kemudian Arjuna berhasil mematahkan senjata Karna dengan senjatanya sendiri, dan juga memberikan serangan mematikan pada pasukan Korawa. 

Tak lama kemudian matahari terbenam, dan karena kegelapan dan debu membuat pertempuran berlangsung dengan sulit, maka pasukan Korawa ditarik mundur, dengan tujuan menghindari pertempuran di malam hari.

- Resi Krepa (Menang) VS Drestadyumna (Kalah) 
- Resi Krepa (Kalah) VS Arjuna (Menang) 
- Dursasana adik Duryudana (Tewas) VS Bima (Menang) 
- Karna (Menang) Kusir Raja Salya VS Arjuna (Kalah) Kusir Kresna 

HASIL PERANG : Kurawa (Kalah) ; Pandawa (Menang).

1 Comments

  1. Dursasana tewas di hari ini,...kalau gak salah

    ReplyDelete
Previous Post Next Post

Contact Form