Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Raden Jaya Sumpena dan Ajian Narantaka

                                                     

 

 Jayasumpena adalah putra Gatotkaca, raja negara Pringgandani dengan Dewi Sumpani, putri Prabu Sarawisesa dari negara Selarengka. 

Dewi Sumpani adalah perempuan yang kuat menahan Aji Narantaka. Setelah Gatotkaca menguasai Aji Narantaka di tengah perjalanan ia berjumpa dengan Dewi Sumpani yang menyatakan keinginannya untuk diperistri. 

Gatotkaca menjawab, jika mampu menerima hantaman Aji Narantaka maka ia bersedia memperistri wanita cantik itu. Dewi Sumpani ternyata mampu menahan Aji Narantaka. Sesuai janjinya, Gatotkaca lalu memperistri Dewi Sumpani. 

Ia berperawakan mirip dengan ayahnya, Gatotkaca. Demikian pula dengan tabiat, kesetiaan, keberanian dan kegagahannya tak berbeda dengan Gatotkaca, berani tak mengenal takut, teguh, tangguh, cerdik pandai, waspada, gesit, tangkas dan terampil, tabah dan mempunyai rasa tanggung jawab yang besar. 

Perbedaannya, Jayasupena tidak bisa terbang. Setelah berakhirnya perang Bharatayuda dan negara Astina kembali ke dalam kekuasaan negara Pandawa, Arya Jayasupena diangkat menjadi panglima perang negara Astina dalam masa pemerintahan Prabu Parikesit.

Post a Comment for "Raden Jaya Sumpena dan Ajian Narantaka"