Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Tokoh Citraksa dan Citraksi

 Citraksa dan Citraksi adalah merupakan saudara kembar masih termasuk keluarga Kurawa, tokoh ini tidak berperan begitu penting dalam lakon apapun Citraksa dan Citraksi kedua bersaudara yang logat bicaranya tidak jelas.

Sebagai murid Resi Dorna, Citraksa juga mahir dalam olah keprajuritan, khususnya mempermaikan senjata panah dan lembing. Dia mempunyai sifat dan perwatakan ; ladak atau galak, congkak, licik, mau menangnya sendiri dan agak pengecut.

Citraksa sangat erat hubungannya dengan Citraksi dan Citrayuda.Pada saat berlangsungnya perang Bharatayuda, Citraksa bersama beberapa orang saudaranya tampil pada awal pertempuran sebagai komandan pasukan balatentara Kurawa, dia mati dalam perang Baratayuda tergilas oleh pusaka Werkudara yang berwujud gada.


Citraksa
Citraksa

 Citraksa adalah seorang tokoh dari wiracarita Mahabharata yang berada di pihak Kurawa. Citraksa adalah adik Duryudana dan mempunyai saudara kembar, yaitu Citraksi.

Sering dikisahkan dalam cerita pedalangan, Citraksa dan Citraksi mempunyai sifat dan karakter yang sama, seperti gagap dalam berbicara sehingga sering menjadi bahan ejekan bagi Patih Sengkuni, serta tindakannya yang dinilai grusa-grusu.

Dalam peperangan di luar Bharatayuddha, Citraksa dan Citraksi sering menjadi bulan-bulanan anak-anak Pandawa seperti Antareja, Antasena, Gatotkaca, Abimanyu

Citraksi
Citraksi


 Citraksi adalah seorang tokoh dari wiracarita Mahabharata. Ia merupakan salah satu Korawa. Dalam versi pewayangan Jawa, ia sering terlihat bersama-sama dengan dua saudaranya yang lain, yaitu Citraksa dan Durmagati.

Post a Comment for "Mengenal Tokoh Citraksa dan Citraksi"