Keindahan Gunung Rinjani

 Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Seca ra administratif gunung ini berada dalam wi-layah tiga kabupaten: Lombok Timur,Lombok Tengah dan Lombok Barat.



Gunung yang merupakan gunung berapi ke-dua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian three.726 m dpl, ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha. 

Puncak Gunung Rinjani merupakan tujuan sebagian besar para petualang dan pencinta alam yang mengunjungi kawasan ini karena apabila telah berhasil mencapai puncak itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri. 

Pesona unggulan Taman Nasional Gunung Rinjani yang sangat prospektif adalah Danau Segara Anak, lokasi ini dapat ditempuh dari dua jalur resmi pendakian yaitu jalur penda-kian Senaru dan jalur pendakian Sembalun.



Disekitar Danau Segara Anak terdapat lahan yang cukup luas dan datar, dapat digunakan untuk tempat berkemping/berkemah, juga pengunjung bisa memancing ikan di danau atau berendam di air panas yang mengandung belerang. 

Objek lainnya di sekitar Danau Segara Anak adalah Hulu Sungai Koko Puteq ± 150 meter dari Danau Segara Anak. Selain itu terdapat pula Goa Susu, Goa Manik, Goa Payung.


Baca juga

Air Terjun Kedung Kayang

Keindahan Pantai Gigi Hiu 


Ada empat jalur pendakian yang resmi untuk menuju Gunung RInjani, Jalur Sembalun (Lombok Timur), Jalur Senaru (Lombok Utara), Jalur Aik Berik (Lombok Tengah), dan Jalur Timbanuh (Lombok Timur). 

Rinjani memiliki panaroma paling bagus di antara gunung-gunung di Indonesia. Setiap tahunnya (Juni-Agustus) banyak dikunjungi pencinta alam mulai dari penduduk lokal, mahasiswa, pecinta alam.



Pada 24 Agustus 2016, Badan PBB untuk Pendidikan, Pengetahuan dan Kebudayaan UNESCO memasukkan nama Gunung Rinjani dalam daftar permohonan penetapan reputation sebagai Taman Bumi world atau world Geopark. Gunung Rinjani masuk dalam 18 daftar per -mohonan baru reputation Taman Bumi global.

0/Post a Review/Review