Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keindahan seni ukir Gebyok

 Pada dasarnya gebyok berfungsi sebgai pemisah anatar ruangan dan kadang juga di pasang di pintu masuk rumah dan jendela, gebyok dapat di sesuaikan dengan ukuran yang di inginkan tidak  seperti gebyok di masa lalu yang terlalu kaku.

Gebyok


Ada dua jenis gebyok yaitu gebyok yang ber ukir dan gebyok polosan alias tidak berukir, gebyok yang baik memiliki berbagai macam ukiran 3D, halus dan ornamen dengan detail yang mengagumkan dengan tingkat kesulitan yang sangat tinggi.

Pada umumnya bahan yang di gunakan adalah kayu jati yang sangat tahan terhadap cuaca, kayu jati yang sudah tua akan lebih awet dan kuat serta tahan lama untuk di jadikan dekorasi yang indah dan mempesona, gebyok memiliki nilai estetika dan bernilai seni yang tinggi yang tidak akan di temukan di daerah lain kecuali di Jawa.

Gebyok merupakan furniture khas Jawa yang rata-rata terbuat dari bahan kayu jayi dan kayu lainnya yang berkualitas bagus, fungsi dari gebyok ini adalah sebagai partisi antar ruangan seperti ruang tamu, ruang keluarga dan juga kamar lainya, tapi pada rumah adat Jawa rata-rata gebyok di pasang di pendopo.

Gebyok


Gebyok bisa dipadukan dengan furniture bahan besi dengan unsur ukiran ada banyak rumah-rumah sekarang yang memasang gebyok dalan interior di dalam rumah, sebagai perpaduan desain modern dan tradisional.

Gebyok juga bisa di padukan dengan furniture berbahan kayu lainya seperti meja kursi yang memiliki ukiran atau pun yang tidaj berukir. kursi besar panjang atau yang di sebut bale-bale dan furniture lainya yang bergaya klasik menambah suasana jawa kontemporer.



Post a Comment for "Keindahan seni ukir Gebyok"