Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buto Cakil Simbol Amarah dan Dendam

 Buto Cakil - Biasanya muncul dalam Lakon perang kembang yaitu perang yang di mainkan antara seorang tokoh Ksatria sebagai perlambang kebaikan ( biasanya diwakili Arjuna) dan Raksasa atau Buto sebagai lambang kejahatan.

Buto Cakil


Dalam lakon perang kembang ini Tokoh buto perankan oleh Buto Bragalba, Buto Terong, Buto Rambut Geni dan yang paling terkenal adalah Buto Cakil. yang di temani oleh Sarawita dan Togog.

Buto cakil merupakan salah satu dari empat raksasa yang terkenal dengan sebutan Buto papat ( Empat Raksasa) yang terdiri dari Buto Rambut Geni, Buto terong, Buto Bragalba, dan Buto cakil sendiri.

Ciri Fisik Buto Cakil

- Mempunyai wjah yang buruk rupa sebagai pertanda tokoh jahat

- Rahang bawah menjorok ke depan

- Mempunyai Gigi atau siung yang menjulang ke atas

- Bentuk badannya seperti manusia biasa

Buto cakil mempunyai nama lain yaitu Jaramaya dan ditya jaramaya, dia adalah tokoh jahat yang berjiwa ksartia tidak pantang menyererah. ibarat pepetah "sekali layar terkembang pantang langkahku surut kebelakang".

Buto Cakil


Tokoh Buto Cakil ini hanya ada dalam cerita pewayang jawa, ada juga yang menyebutkan bahwa Cakil bukanlah nama aslinya, melainkan hanya sebutan sebagai raksasa yang mempunyai gigi taring panjang keatas.

Sehingga para dalang menyebut tokoh yang satu ini sebagai cakil, lantas siapakah tokoh satu ini darimana asalnya? ada yang menybutkan bahwa buto cakil adalah anak sulung Arjuna dengan Dewi Anggraeni. Istri Seorang ksatria sakti yang di bunuh (secara curang) agar kemampuan memanah Arjuna tidak ada yang menandingi dia adalah Palgunadi.

Karena Arjuna gagal mendapatkan cinta lalu di lampiaskanlah nafsunya hingga Dewi Anggraeni hamil dan melahirkan Buto Cakil, sementara Dewi Anggraeni meninggal setekah melahirkan Jaramaya. maka dalam lakon perang kembang sering di lakonkan peratungan antara Arjuna dan Buto Cakil sebagai bentuk unuk Menuntut Balas.

Buto Cakil di gambarkan sebagai simbol dendam , Amarah dan ketidak adilan dan senjata yang sering di gunakan adalah Keris.

Post a Comment for "Buto Cakil Simbol Amarah dan Dendam"