Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Nama Gemelan Jawa dan gambarnya

 Gamelan adalah Alat musik yang berasal dari Jawa, dalam sebuah pertunjukan baik itu wayang atau musik langgam campursari Gamelan di padukan dengan waranggana (penyanyi wanita) dan Wiraswarada(Penyanyi Pria).

Orkesta musik Gamelan ini di masyarakat jawa di sebut dengan "Karawitan" yang ber arti Halus, Kecil atau rumit, kenapa di katakan demikian karena memainkan Karawitan memang sangat susah dan rumit tidak hanya memainkan alat musik dan menyanyi saja para Nayoga (pemain musik) dan penyanyi harus mengerti kedalaman makna dari tembang yang di mainkan tersebut.

Gamelan jawa di bedakan menjadi 2(dua) yaitu Pelog dan Selendro, Gamelan selendro lebih tua daripada Pelog. Selendro memiliki 5 nada per Oktaf (Cm D Em G A) dengan interval yang sama, sementara Pelog mempunyai tujuh nada per Oktaf (D Em F# G# A B) dengan perbedaan interval yang jauh.

Seperangkat alat musik Gamelan terdiri dari bermacam-macam yaitu

1. Demung : Alat musik ini bernada sedang dengan ukuran yang besar, umumnya seperangkat gamelan mempunyai 1 atau 2 demung. Demung memainkan balungan gending dengan wilayah yang terbatas.

Demung



2. Peking : Berbentuk kecil dengan nada oktaf tinggi, ppeking memainkan 2 rangkap atau empat rangkap balungan gendhing.

Peking



3. Saron : Alat ini berbentuk sedang dengan nada oktaf yang tinggi, memainkan balungan gending dengan wilayah terbatas seperti halnya Demung. dalam gamelan terdapat dua atau lebih saron, dan memainkannya saling bersahutan dengan tempo cepat.

Saron



4. Gong : adlah alat musik yang di gunakan untuk menandai permulaan dan akhiran dalam gending/tembang berfungsi untuk memberi keseimbangan setelah berlalunya kalimat gending.

Gong



5. Kendhang : Fungsi dari kendhang ini adalah untuk mengatur irama, di maiankan dengan tangan tanpa alat bantu, kendang ada 3 jenis yaitu kendang yg kecil di sebut ketipung yang sedang di sebut ciblon dan yang besar di sebut Kendhang Galih. kendang yang besar di gunakan saat memainkan lagu yang halus.

Kendang



6. Suling : Terbuat dari bambu wuluh yang berkualitas yang di lubangi sebagai penentu nada dan berfungsi sebagai pangrengga lagu, suling ada dua jenis yaitu jenis selendro dengan lubang empat dengan jarak yang sama sedangkan suling pelog dengan 5 lubang denga jarak yang berbeda.

Suling



7. Sitter : ini termasuk allat musik jenis petik dengan bunyi string, berfungsi sebagai pangrengga lagu sitter ada 3 yaitu - sitter, - Sitter penerus berbentuk lebih kecil - cemplong berukuran lebih besar daripada sitter.

Sitter



8. Rebab : Alat musik gesek sebagai instrumen pemuka dan pemimpin lagu dalam ansembal.

Rebab



9. Gambang : berfungsi sebagai Resonator alat ini terbuat dari bilah-bilah kayu yang di bingkai pada gerobog, di mainkan dengan pemukul berbentuk bundar yang terbuat dari tanduk, wilayah gambang mecakup 2 oktaf.

Gambang



10. Gender : gender ada dua jenis gender barong dan gender penerus, terbuat dari bilah-bilah logam dengan tali di atas bumbung, dimainkan dengan cara di pukul dengan alat pemukul berbentuk lingkaran.

Gender



11. Slenthem : bernada rendah masih dan masih termasuk keluarga Gender, di mainkan dalam balungan gending dengan wilayah terbatas.

Slethem



12. Kenong : adalah satu set instrumen yang berposisi mendatar di tampung pada tali, bentuknya seperti gong tapi lebih kecil. dimainkan secara bersahutan kenong ini merupakan alat musik yang dimainkan dengan cepat.

Kenong



Demikanlah 12 nama gamelan jawa sebagai alat musik khas nusantara, dan artikel ini di tulis sesuai dengan pengetahuan si penulis apabila ada kekurangan mohon untuk di tambahkan di kolom komenter.

Post a Comment for "12 Nama Gemelan Jawa dan gambarnya"