Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kesenian Karawitan

 Karawitan adalah kesenian musik tradisional Jawa yang mengacu pada permainan musik Gamelan. Kesenian Karawitan ini dikemas dengan alunan instrument dan vokal yang indah sehingga enak untuk didengar dan dinikmati.

Seni Karawitan


Kesenian kerawitan ini merupakan kesenian klasik yang sangat terkenal di masyarakat Jawa dan Indonesia sebagai salah satu warisan seni dan budaya yang kaya akan nilai historis dan filosofis.

Pengertian Karawitan

1. Pengertian Karawitan Menurut Soedarsono (1992:14), karawitan secara umum adalah kesenian yang meliputi segala cabang  seni  yang  mengandung  unsur  keindahan,  halus  serta  rumit  atau ngrawit.

2. Pengertian Karawitan Menurut (Sumarsam, 2003:11) menjelasakan bahwa pada  jaman   dulu   karawitan   tumbuh   dan   dikembangkan   di lingkungan  kraton  dan  dapat  dikatakan  bahwa  bangsawan  dan  kerabat kraton  wajib  menguasai  bidang  karawitan,  tembang  dan  tari.

Begitu pentingnya seni pertunjukan (karawitan) sebagai suatu pertanda kekuasaan raja  adalah  keterbilatan  gamelan  dan  teater  pada  upacara-upacara  atau pesta-ria kraton.

3. Pengertian Menurut Martopangrawit, 1975 menjelasakan bahwa Karawitan  adalah  seni  suara  yang  menggunakan  laras  slendro  dan pelog,  baik  suara  manusianya  maupun  instrumen  (gamelan)  asal  berlaras slendro  dan  pelog  dapat  disebut  karawitan.

Ada  dua  pokok  isi  karawitan yaitu irama dan lagu. Irama yaitu pelebaran atau penyempitan gatra. Lagu yaitu susunan nada-nada yang diatur dan apabila nada tersebut dibunyikan sudah terdengar enak. Pengaturan nada-nada tersebut nantinya berkembang kearah suatu bentuk, sehingga menimbulkan bermacam-macam bentuk, dan bentuk inilah yang nantinya disebut gending.

4. Pengertian Karawitan menurut (Soeroso, 1985-1986) Ungkapan  jiwa  manusia  yang  disalurkan  melalui  nada-nada  yang berlaras  slendro  dan  pelog  yang  diatur,  berirama  berbentuk,  selaras,  enak didengarkan  dan  enak  dipandang  baik  dalam  garapan  vokal  maupun instrumenal   maupun   garap   campuran.

Berdasarkan  uraian  diatas  dapat  disimpulkan  bahwa  karawitan merupakan seni yang indah berlaraskan pelog dan slendro instrumen yang digunakan  dalam  karawitan  disebut  gamelan.

Pelog dan Slendro

Dalam kesenian Karawitan terdapat dua jenis laras, yaitu laras slendro dan laras pelog. Laras slendro sendiri merupakan sistem urutan nada yang terdiri dari lima nada dalam satu gambyang dengan pola jarak yang hampir sama.

Sedangkan laras pelog merupakan sistem urutan nada yang terdiri dari lima atau tujuh nada dengan menggunakan satu pola jarak nada yang tidak sama rata, yaitu tiga jarak dekat dan dua jauh. Dalam Karawitan memang sering terdapat beberapa gendhing yang disajikan dalam laras pelog dengan hanya menggunakan lima nada saja, terutama pada penyajian gendhing pelog sebagai hasil alih dari laras slendro.

Dalam kerawitan Jawa suatu hal yang biasa bila suatu gendhing dapat di sajikan dalam dua laras yang berbeda.

Gamelan

Dalam kesenian Karawitan terdapat berbagai jenis perangkat Gamelan yang dibedakan menurut jenis, jumlah dan fungsinya. Jenis perangkat Gamelan tersebut diantaranya seperti Gamelan kodhok ngorek, Gamelan monggang, Gamelan carabalen, Gamelan sekaten, dan Gamelan ageng.

Karawitan


Semua jenis perangkat Gamelan tersebut tentunya dalam masyarakat Jawa memiliki fungsi, jumlah dan cara penyajian tersendiri dalam memainkannya. perangkat Gamelan yang digunakan biasanya seperti bonang, kendang, gong, kenong, kecer, gender, gambang, penontong, kempul, saron, dan jenis-alat musik jawa lainnya.

Selain itu juga ada beberapa alat musik modern yang di gunakan sebagai pelengkap seperti keyboard, terompet, drum dan lain – lain. Karawitan  mempunyai  dua pokok isi yaitu irama dan lagu.

Karawitan di bagi 3, yaitu :

- Karawitan Sekar,

- Karawitan Gending,

- Karawitan Sekar Gending

Karawitan berasal dari kata “rawit”, yang dalam bahasa Jawa berarti “rumit/ berbelit – belit”. Namun kata “rawit” juga dapat berarti “halus dan indah”. Sehingga kerawitan biasa diartikan sebagai suatu karya seni yang memiliki sifat yang halus, rumit dan indah.

Kerawitan ini dikatakan rumit karena merupakan perpaduan berbagai instrument Gamelan yang berlaras nondiatonis yang digarap menggunakan sistem notasi, warna suara dan ritme sehingga menghasilkan suara yang indah dan enak untuk didengar.

Post a Comment for "Pengertian Kesenian Karawitan"