Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perang Bubat penaklukan Kerajaan Sunda

 Hayam Wuruk, raja Majapahit dengan didasari argumen politik akan menjadikan putri Citra Rashmi sebagai istrinyaIa yaitu anak perempuan dari Prabu Maharaja Lingga Buana dari Kerajaan Sunda Patih Madhu makcomblang dari Majapahit, datang ke kerajaan Sunda bagi menjodohkan dan melamar tuan putri Sunda dalam suatu pernikahan kerajaan.

Berbesar hati serta melihat perjodohan ini sebagai peluang bagi mengikat persekutuan dengan kerajaan Majapahit yang akbar dan jaya, raja Sunda dengan suka cita memberikan restunya dan ikut berkunjung mengantarkan putrinya ke Majapahit bagi dinikahkan dengan Hayam Wuruk.

Dyah Pitaloka


Pada tahun 1357 rombongan kerajaan Sunda tiba di Majapahit setelah melayari Laut Jawa. Rombongan kerajaan Sunda membangun pesanggrahan di Lapangan Bubat di segi utara Trowulan Ibu Kota Majapahit Mereka menantikan jemputan dari pihak Majapahit serta upacara kerajaan yang pantas layaknya pernikahan luhur kerajaan.

Akan tetapi Gajah Mada Mahapatih Majapahit, memandang peristiwa ini sebagai kesempatan bagi menaklukan Sunda dibawah kemaharajaan Majapahit, dan bersikeras bahwa Sang Putri tidak akan diangkat menjadi Ratu Majapahit.

Tetapi hanya menjadi Selir yang dipersembahkan bagi Raja Majapahit, sebagai tanda takluk Kerajaan Sunda di bawah kekuasaan Majapahit. Raja Sunda amat murka dan merasa dipermalukan oleh tuntutan Gajah Mada yang sungguh keterlaluan ini


Gugurnya Sang Putri

Akibat ketegangan ini terjadi pertempuran antar rombongan kerajaan Sunda melawan tentara Majapahit Rombongan kerajaan Sunda berniat bagi bela pati menerapkan puputan demi membela kehormatan mereka di Lapangan Bubat.

Meskipun memberikan perlawanan dengan gagah berani rombongan kerajaan Sunda kewalahan dan kesudahannya gugur dalam kepungan tentara Majapahit Hampir seluruh rombongan kerajaan Sunda tewas dalam pertempuran, tragedi ini menyebutkan bahwa dalam kesedihan dan hati yang remuk redam Sang Putri melakukan bunuh diri demi membela kerhormatan negaraya.

Post a Comment for "Perang Bubat penaklukan Kerajaan Sunda"